Home > Articel about Football > PREVIEW FINAL LIGA CHAMPIONS 2011

PREVIEW FINAL LIGA CHAMPIONS 2011


Preview Final Liga Champions:

Final Liga Champions tahun 2011 ini mempertemukan Barcelona vs MU, 2 tim yang memang sekitar dalam 5 tahun terakhir memang yang terbaik di liga champions,  tampil apik dan cukup mendominasi Liga Champions. 2 tim dengan mahzab sepak bola yang berbeda ini selalu berhasil lolos ke babak-babak akhir Liga Champions. Kedua tim memiliki Konsep dan cara bermain yang sangat kuat karakternya dan juga memiliki pemain-pemain terbaik di posisinya.

Prestasi Barcelona dalam 5 tahun terakhir sedikit lebih unggul dari MU, faktanya adalah:

Barcelona:

  1. 2006: Juara
  2. 2007: 16 Besar
  3. 2008:16 besar
  4. 2009: Juara
  5. 2010: Semi final

MU:

  1. 2006: 16 besar
  2. 2007: Semi final
  3. 2008: Juara
  4. 2009: Runner-up
  5. 2010: Perempat final

Ya, memang bisa dilihat Barcelona lebih terdepan dengan mampu menggondol 2 gelar juara dalam 5 tahun terakhir, prestasi ini menyamai Rekor yang dibuat AC Milan di rentang tahun 2003-2007, yakni:

  1. 2003: Juara
  2. 2004: Perempat final
  3. 2005: runner-Up
  4. 2006: Semi Final
  5. 2007: Juara

Tapi memang bisa dilihat, sebenarnya AC Milan di masa itu sedikit lebih unggul dari Barcelona, jadi memang AC Milan masih menjadi Tim Terbaik di Liga Champions sejak awal Millenium baru atau dalam 10 tahun terakhir! Karena mampu 3 kali masuk final dan 2 diantaranya jadi juara!  Tapi, Apabila Barcelona mampu mengalahkan MU dan menjadi Juara Musim ini, maka jelaslah sudah, Barcelona akan mematahkan rekor Milan itu! dan menjadi Tim Terbaik di Liga Champions sejak awal millenium baru( 2000-an).

Peta kekuatan

Kita mulai dari Barcelona dulu. Boleh dibilang, hampir seluruh unsur kesempurnaan dalam permainan sepak bola ada dalam cara bermain barcelona. Permainan indah dan menawan, dengan sengatan serangan yang tajam dan juga sangat susah untuk dikalahkan, sangat dominan dalam permainan melawan tim apapun, membuat lawan hanya mampu melakukan takik reaktif ketika menghadapi Barcelona, karena terlampau kuatnya konsep permainan Barcelona.

Total football sebenarnya adalah dasar dari Permainan Barcelona. Tetapi sekarang ini menjadi sangat variatif, umpan2 pendek, tusukan2 tajam dari para pemain, pergerakan tanpa bola yang menakjubkan, serta kemampuan dalam mengontrol permainan, membuat Barcelona adalah tim terbaik di dunia saat ini. Pada dasarnya mereka menerapkan formasi 4-3-3. Tapi variasi yang dilakukan serta para pemain yang menempati posisi di formasi itu, membuat itu menjadi sangat mematikan. Pep Guardiola, saya berani mengatakan dia adalah orang yang jenius. Lini belakang sangat sempurna dengan kombinasi kuat antara Puyol-Pique, serta 2 bek sayap yang kuat menyerang maupun bertahan.  Dalam permainan Barcelona, kombinasi lini tengah dan depan sangat luar biasa, para pemain dapat bergerak mobile. Kombinasi Xavi-Iniesta merupakan Jendral dan dirigent permainan yang nyaris sempurna. Keduanya lah, terutama Xavi yang mengkonsep setiap serangan yang dibangun, dan Tusukkan dan aksi Solo run Iniesta juga kerap kali membahayakan. 1 gelandang lain, biasanya Busquet lebih berkonsentrasi sebagai DMF, menjaga keseimbangan antara belakang dan tengah serta menunjang peran Xavi serta Iniesta agar lebih maksimal. Didepan, kombinasi utamanya adalah Messi-Villa-Pedro. Tidak seperti di tim yang lain, yang jelas perannya siapa CF,SS, atau WF nya, di Barcelona ketiga pemain itu dapat memainkan variasi umpan satu dua, yang dibantu lini tengah dengan sengat mengagumkan. Terutama Messi, ibaratnya dia adalah Motor dan dinamo yang sangat sempurna yang dapat menuntaskan setiap serangan Barcelona hasil kreasi Xavi dan Iniesta, dialah yang membuat konsep permainan Barcelona menjadi sangat sempurna dalam menyerang. Semua unsur ada dalam dirinya. Villa dan Pedro adalah Partner yang sempurna bagi Messi. Kualitas keduanya benar2 membuat tugas Messi semakin mudah.

Variasi Umpan2 pendek yang luar biasa, pergerakan tanpa bola yang baik, dan tusukan2 individu dari para pemain merupakan keunggulan barcelona. Dan memang faktanya, lebih dari 50% gol yang tercipta berawal dari umpan2 terobosan dari tengah ke depan.

Manchester United

Karakter Permainan Khas Britania raya sangat melekat kuat dengan gaya bermain MU. Speed and Power, adalah modal utama MU, dan juga Kokoh. Ya, Lini belakang nya bisa dibilang salah satu, dan mungkin yang terbaik di dunia. Kombinasi Ferdinand-Vidic di jantung pertahanan adalah yang terbaik di dunia, plus Evra di kanan serta rafael di kiri yang punya kualitas mumpuni pula.

Pola Permainannya sangat khas Inggris, 4-4-2, dengan 2 gelandang tengah dan 2 sayap, serta 2 penyerang, satu SS dan satu CF. 2 gelandang tengah memegang peranan kunci dari aliran bola serta awal mula serangan. Satu lebih berkonsentrasi sebagai DMF, dan satu lagi sebagai CMF, tapi pada dasarnya peran keduanya nyaris serupa. Kombinasi utamanya adalah Carrick dan Fletcher. Kunci solidnya lini tengah MU. Tugas utama meraka adalah mengalirkan bola ke kedua sayap MU, atau langsung melakukan longpass kedepan.

Kedua Sayap MU merupakan kunci utama dalam sengatan serangan MU. Yang utamanya adalah Nani di kanan dan Giggs di kiri. Manuver mereka merupakan andalan MU. Langsung merangsek ke kotak penalti, mengumpan pada 2 striker, ataupun menyisir pinggir lapangan dan melepas crossing adalah tugas utama 2 sayap ini. Tapi memang, Nani tidak sebagus CR7 di masa lalu dan giggs juga sudah terlalu uzur. Tapi mereka membuktikan bahwa kualitas mereka tetap mampu membawa MU berjaya. Solusinya, Sir Alex kerap memasang Park Jisung dan Luis Valencia juga.

Didepan, Rooney adalah SS yang sangat bagus. Kreatif dan manuvernya juga berbahaya. Kombinasi nya dengan Chicarito sebagai CF pun menjadi senjata mematikan MU. Chicarito adalah CF yang nyaris sempurna, cepat dalam menyambut umpan terobosan, pergerakannya lincah serta sangat klop dengan Rooney. Keduanya merupakan kunci ketajaman MU. Jangan lupakan pula Berbatov yang merupakan Striker Opportunis yang berbahaya juga.

Top Skorer di Barcelona di semua kompetisi:

  1. 1.       Messi 52 GOL
  2. Villa 22 GOL
  3. Pedro 21 GOL
  4. Iniesta 9 GOL
  5. Bojan 7 GOL

Top Skorer MU di semua Kompetisi:

  1. Berbatov 20 gol
  2. Chicarito 19 gol
  3. Rooney 15 gol
  4. Nani 10 gol
  5. Park Ji Sung 8 gol

Di final nanti nampaknya permainan Barcelona akan tetap seperti biasanya, berusaha memegang kendali permainan dan menyerang lawan se-intens mungkin. Yang menarik adalah strategi dari Sir Alex, apakah akan bermain menyerang juga? Menyiapkan taktik serangan Balik? Hmm…. Nampaknya akan sangat menarik. Dilihat dari segi peluang, keduanya berimbang, hanya saja memang Barcelona diatas kertas, Barcelona sedikit lebih unggul. Tapi dalam Sepak Bola semuanya bisa terjadi. So, DO NOT MISS THIS FINAL!! 29 MEI 2011 PUKUL 01.45 WIB!!!!!

  1. kevin
    May 26, 2011 at 4:02 pm

    Artikel loe bagus gan!! mantapp!! ini bisa di bilang lebih bagus dari artikel yang ada di situs bola,,, gut job!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: