Home > All About Movies > INSIDIOUS, the Story…

INSIDIOUS, the Story…


INSIDIOUS (2011)

klik it to full review from imdb.com :

Insidious

Wah2… ini nih, film Horror yang keren banget!! The Best Horror ever!! Ceritanya bagus! Alurnya bagus! And bikin penasaran!! Akhir ceritanya bagus and klimaksnya dapet, tapi cukup mengejutkan juga, hahaa. Ceritanya tuh bener2 new idea alias konsep baru. Gokil dahh!!

Film ini Release 1 April 2011, film ini emang salah satu terget utama ku di tahun ini, Aku nyari2 filmnya, eh ternyata lebih dari 1 bulan sesudahnya baru bisa nonton, heheeuu.. tapi ga pa2, yang penting semua terpuaskan seketika setelah nonton ni film. Film ini memang film Horror tahun ini, kalau sebelumnya aku bilang the best horror ever, memang dari semua film horror yang pernah aku tonton, inilah yang terbaik. Secara subjektif yang bikin aku terkesan adalah, korban atau objek nya adalah anak kecil, aku paling ga tega kalau ngeliat anak kecil walaupun Cuma di film mati atau yang lainnya. Kayak waktu dulu nonton film “Collateral damage” yang aktornya si Arnold, duh sedih banget dah… anak kecil mati… heheeuu… pokoknya selama nonton film ini aku bener2 “ga bisa nafas” hahaaa… check this !!!

Keluarga Lambert baru pindah ke rumah barunya. Semua nampaknya berjalan sempurna. Kesibukkan setiap pagi menjadi rutinitas keluarga ini, karena mempunyai 3 anak yang semuanya masih kecil, anak pertama, Dalton berusia,, yaaa kurang lebih 8-9 tahun, yang kedua Foster 7-8 tahun, dan yang ketiga bayi perempuan kalo ga salah Veronica. Hmm.. si Ibu reine adalah seorang pemusik yang bekerja dirumah, jadi bisa total memperhatikan anak-anaknya.

Sejak awal pindah, si ibu merasakan ada yang aneh dengan rumah itu, sepertinya ada sesuatu gitu lah. Dia selalu merasa diawasi atau seperti melihat sesuatu. Dan itu lama-kelamaan mulai membuatnya cemas. Si dalton, anak pertamanya adalah seorang anak yang gemar berpetualang. Setidaknya gambar2nya menunjukkan hal itu. suatu malam keluarga ini dibuat kaget karena Dalton tiba-tiba berteriak dari dari lantai atas rumah, ternyata ketika sedang bermain ia terjatuh dan mengalami sedikit luka di kepalanya, untunglah tidak parah.

Besoknya, seperti biasa ketika akan memulai aktifitas, semua sudah bangun, kecuali dalton. ketika si Ayah membangunkannya, Si Ayah kaget bukan kepalang dan panik karena Dalton tidak bangun-bangun! Akhirnya Dalton dibawa ke rumah sakit. Dokter merasa aneh melihat kondisi dalton karena setelah diperiksa kondisinya itu Normal, tidak ada kelainan apapun. Dokter hanya bilang bahwa dia koma.

3 bulan berselang, Dalton masih koma! Dan dirawat dirumahnya, dengan infus, Oksigen, dsb yang terus menopang tubuhnya agar tetap hidup. Si Ibu sudah sangat cemas dan khawatir, apalagi ia semakin merasakan bahwa dirumahnya semakin banyak hal yang aneh. Ia sering melihat penampakkan yang aneh dan tidak bisa dijelaskan nalar. Bahkan pada suatu waktu, ia kaget bukan kepalang mendapati seseorang dengan rupa mengerikan berada di kamar bayi nya! Kemudian yang membuat nya semakin khawatir ia mendapati sebuah noda merah berbentuk telapak tangan pada selimut Dalton! Dan hal aneh lainnya! Hal-hal Itu membuatnya semakin stres dan meyakinkan suaminya untuk percaya pada dirinya. Ia meminta untuk pindah rumah, dan suaminya menyetujuinya.

Keluarga ini pun akhirnya pindah. Tetapi nampaknya, keanehan-keanehan yang dialami si ibu teryata tidak hilang! Ia masih tetap mengalami dan melihat bayangan-bayangan aneh, seperti seseorang yang entah siapa. Si ibu menduga bahwa para “hantu” itu mengikuti pindah ke rumah yang baru. Di tengah rasa frustasi yang terus mendera, mertuanya, ibu suaminya datang berkunjung untuk menenangkannya. Si mertua bercerita bahwa ia sempat bermimpi bahwa ada suatu sosok makhluk yang berada di samping dalton, dan menginginkan tubuh Dalton! Singkat cerita, mereka sepakat memanggil seorang Paranormal, untuk menyelidiki apa yang terjadi. Parananormal itupun datang, dengan krunya ia pun memeriksa keadaan rumah dan lalu memeriksa si Dalton.

Menurut si Paranormal, hantu itu bukan berasal dari rumahnya, tapi itu merupakan roh-roh yang ingin mengambil alih tubuh Dalton. Ya, menurut Paranormal Dalton bukanlah Koma, tetapi rohnya yang tidak berada ditubuhnya. Menurut si Paranormal, si Dalton memang mempunyai kemampuan untuk melepas roh dari tubuhnya dan berjalan-jalan. Tetapi, kali ini Roh Dalton terjebak dan tersesat sehingga tidak bisa pulang. Katanya roh Dalton terjebak disuatu tempat yang disebur further yakni alam gaib lah tempat roh-roh orang yang sudah mati. Kemudian, saat memeriksa dan berusaha menjalin hubungan dengan Roh Dalton, si paranormal itu mendapati bahwa roh dalton di tangkap oleh suatu roh jahat yang berwujud hitam dengan wajah berwarna merah.

Untuk mengembalikan Dalton, SI paranormal merencanakan suatu metode kuno untuk mencari dan membawa pulang roh Dalton. Prosesi itu pun dilakukan, si Paranormal bertugas untuk berhubungan dengan si Dalton, asistennya menulis semua yang terhubung antara si Paranormal dan dalton, dan asisten yang satu lagi bertugas untuk merekam jalannya prosesi kuno itu. Prosesi itu berlangsung sangat menegangkan dan ternyata mengakibatkan suatu kejadian yang mencengangkan. Serentak kekacauan terjadi asisten itu menulis apa-apa saja yang dikatakan dalton melalui Paranormal itu dan singkatnya si Dalton ditahan Ruh jahat tadi. Keadaan semakin Kacau dan tubuh dalton tiba-tiba hidup dan memukul para kru. Setelah prosesi selesai, nampaknya yang metode itu tidak cukup berhasil, dalton masih terjebak di alam gaib itu.

Kemudian, si Mertua menceritakan masa lalu anaknya, si ayah dalton. Ternyata di masa lalu ketika si ayah ini masih kecil, ternyata ia pernah mengalami kejadian serupa. Kemampuan dalton merupakan warisan dari ayahnya. Terlihat dari foto-foto ayahnya ketika masih kecil, selalu ada bayangan aneh di setiap fotonya, dan semakin kesini, bayangan di dalam foto itu semakin mendekat. Kemudian, si Paranormal tadi meyakinkan bahwa satu-satunya yang bisa mengembalikkan dalton adalah ayahnya. Roh si Ayah harus pergi ke alam gaib itu mencari dalton. Akhirnya itu dilakukan, si Paranormal menghipnotis si ayah untuk tidur dan seketika rohnya pun pergi mencari Dalton. Dan benar saja, di alam itu dipenuhi dengan arwah orang yang sudah mati, dan mereka berusaha menghambat usaha si ayah untuk menjemput Dalton. Di samping itu, roh-roh itu pun berusaha mengambil alih tubuh si ayah dan dalton! Si ayah harus cepat menemukan Dalton dan pulang sebelum tubuhnya malah di ambil alih roh lain. Si ayah menemukan dalton sedang di rantai oleh roh hitam berwajah merah itu. dia secepatnya membebaskan anaknya, menggendong dan bergegas lari. Tapi, si ayah kesulitan menemukan jalan keluar, satu-satunya cara adalah dengan mengikuti suara istrinya. Akhirnya setelah bersusah payah mereka dapat pulang. Dalton pun siuman setelah tidur panjang lebih dari 3 bulan, dan mereka semua tampak lega dan bahagia.

Semua tampak lega, si ayah memberikan kenang-kenangan kepada si Paranormal beupa foto-fotonya di masa kecil. Tapi saat menerima foto itu, si Paranormal mendadak tertegun dan keheranan. Si ayah bertanya kenapa, tetapi dia bilang tidak apa-apa. Kemudian, si paranormal ini diam-diam mengambil kameranya dan memfoto si ayah, si ayah marah dan entah kenapa langsung mencekik si Paranormal hingga mati! Si ibu yang merasakan ada sesuatu yang tidak beres mengecek dan mendapati si Paranormal sudah mati. Ia terkejut dan lebih terkejut lagi saat ia melihat hasil gambar jepretan kamera si Paranormal itu pada suaminya, ia melihat bahwa itu ternyata suatu sosoh Roh yang sangat mengerikan!!  Si Istri terkejut bukan main apa lagi saat menoleh kebelakang ke arah suaminya. End……

Tidak dijelaskan kenapa itu bisa terjadi, tapi kemungkinan Roh si suami terlambat kembali dan tubuhnya malah diambil alih oleh Roh menyeramkan itu. atau, ini ada kaitannya dengan Roh yang sejak ia kecil selalu mengikutinya, hmm… entahlah, seperti kebanyakan film sejenis, hasil akhir di serahkan kepada penonton, hahahaaa.

Categories: All About Movies
  1. Chika
    May 29, 2011 at 6:47 am

    wahh!!! iya nih mantepp aq jga udh nonton ieu mah!! hihihiii

    • adil hijri muhammad
      July 21, 2011 at 2:31 pm

      iya… sangat berkesan…🙂

  2. frans
    December 4, 2011 at 12:29 am

    meskipun udah dijelasin kemungkinan ceritanya,,tapi tetep penasaran niy film cerita diakhir maksudnya apa ya? jadi si josh itu belum balik ke tubuhnya…? terus si dalton juga itu udah dalton yang asli atau jangan-jangan dimasukin setan juga..? terus kenapa iblisnya tiba” hilang aja di cerita, padahal dia lagi ngejar- ngejar dalton di adegan akhir? tolong dijawab klo ada yang paham maksudnya…thnx….(males bgt nonton yg akhirnya bikin penasaran..hehe)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: