Home > Articel about Football > Review Final Liga Champions : Fantasi Permainan yang berakar kuat melambungkan kejayaan Barcelona

Review Final Liga Champions : Fantasi Permainan yang berakar kuat melambungkan kejayaan Barcelona


Review Final Liga Champions 2011

Woww!!! Amazing! Seperti yang telah diprediksikan oleh banyak orang, akhirnya Barcelona keluar sebagai Juara Liga Champions 2011 setelah mengalahkan MU 3-1. Sekaligus menjadi Gelar ke 4 Barcelona, menyamai rekor Bayern Muenchen dan Ajax Amsterdam.

Luar biasa, filosofi Total football yang diterapkan Johan Cruyff yang berbuah gelar Liga Champions pertama bagi Barcelona di musim 1991-1992 menjadi dasar lahirnya Barcelona sekarang yang luar biasa. Kendati filosofi itu sempat “dihancurkan” AC Milan dengan the dream teamnya di final Liga Champions 1993-1994 dengan skor telak 4-0, namun semuanya terlihat semakin sempurna saat ini dikombinasikan dengan tiki taka yang memukau. Selain itu, sekolah Barcelona yakni “La Masia” yang didirikan tahun 1979 merupakan kunci sukses terbentuknya tim Barcelona saat ini, dengan 7 pemain inti yang berasal dari akademi itu.

Ya, memang, setelah menyaksikan laga final ini, semakin jelas lah bahwa laga terberat dan “final” sebenarnya bagi barcelona adalah ketika menghadapi Real Madrid di semi final, saat itu Barcelona sempat di tahan imbang di camp nou 1-1, dan menang dengan susah payah 2-0 di Berneabeu. Permainan rapat Madrid dan serangan balik cepat Madrid kala itu membuat Barcelona sangat kesulitan dan bahkan Barcelona sampai harus mengeluarkan “senjata alternatif” yakni Affelay yang memberi assist cantik kepada Messi. Dan Barcelona juga sangat tertolong dengan “sihir”  Messi yang melakukan aksi solo run sendiri dari tengah dengan melewati 4 pemain Madrid dan akhirnya mencetak Gol.

Dalam final ini, seperti biasa Barcelona memainkan sepak bola fantastisnya. Sedangkan sang lawan, MU terlihat berani meladeni permainan Barcelona dengan memainkan Sepak bola aggresive juga. Kedua tim memainkan pola permainan sesuai dengan karakter mereka. Diawal-awal laga, sekitar 5 menit pertama, MU langsung menyengat dan membuat sibuk Barcelona dengan serangan-serangan cepat langsung ke jantung permainan Barcelona memanfaatkan determinasi dan kecepatan pemainnya terutama Rooney, Park Jisung dan Chicarito.persis seperti apa yang dilakukan MU saat menghadapi Chelsea. Beberapa peluang sempat terjadi dan bahkan Viktor Valdes beberapa moment sampai harus keluar dari areanya untuk menghalau bola. Umpan-umpan lambung dari pemain MU cukup merepotkan Barcelona, namun sayangnya chicarito kerap terjebak offside.

Tapi, akhirnya Barcelona “mulai bermain” ketika laga memasuki sekitar menit 10-an, Barcelona menunjukkan karakter permainan aslinya, menguasai bola dengan sangat mengagumkan dengan variasi serangan yang luar biasa dan membuat MU kewalahan. Lini tengah MU nampak tak berdaya menghadapi kreativitas Xavi, Iniesta, dll. Carrick, giggs, valencia, dan park jisung terlihat kewalahan membendung gelombang serangan Barcelona. Apalagi tusukkan dan kombinasi 3 penyerang messi-villa-pedro terus menebar ancaman dan membuat vidic-ferdinand-evra-fabio da silva terus berjibaku mengamankan pertahanan MU. Peluang pertama hadir di menit ke 27 lewat pedro namun sayang tendangannya menyambut umpan silang Alves masih melebar. Kemudian, tendangan Villa masih dapat dibendung oleh Van der Sar. Dan memang melihat permainan yang terjadi, gol dari Barcelona sepertinya memang tinggal menunggu waktu saja. Ya, akhirnya Pedro mampu menjebol gawang Van der sar memanfaatkan umpan cantik Xavi.

MU berupaya membalas, tapi tetap kesulitan untuk membangun sebuah serangan. MU kerap hanya mengandalkan Power dan kecepatan serta umpan-umpan panjang ke dua striker yang semuanya hanya bersifat spekulatif saja. Namun, akhirnya secercah harapan muncul ketika Barcelona melakukan sedikit kesalahan saat ada throw in yang dilakukan abidal didaerah pertahanan Barcelona. Bola berhasil direbut MU dan Rooney melakukan tusukkan dengan sedikit one-two dengan giggs dan akhirnya mampu menjebol gawang Valdes, 1-1. Gol itu sempat membangkitkan semangat MU dan intensitas serangan pun sedikit meningkat. Tapi kemudian sebuah tusukkan Messi dari tengah yang kemudian one two dengan Villa tapi sayangnya Messi terlembat sepersekian dekat saat menyambut umpan silang dari Villa. Babak pertama usai dengan statistik ball possesion Barca-MU 66%-34%.

Dibabak kedua, Barcelona semakin gencar melakukan serangan, pertahanan MU semakin ketar-ketir, tidak adanya gelandang bertahan yang tangguh membuat bek-bek MU semakin “menderita” dalam menghadapi gempuran itu. kombinasi Vidic-Ferdinand yang disebut-sebut yang terbaik di dunia terlihat pontang-panting. Dan akhirnya melalui sebuah tusukkan individu dari lini tengah, dari luar kotak penalty melakukan shooting yang tak mampu dibendung Van der Sar. Messi merayakan golnya di menit ke 54 itu dengan sangat emosional karena ini adalah gol pertamanya di tanah inggris. Barcelona pun kembali unggul, 2-1.

Tidak sampai disitu saja, selepas gol Messi intensitas serangan Barcelona tetap tinggi, kreatifitas Xavi-Iniesta serta kombinasi ciamik 3 striker Barcelona plus tusukkan Alves dari sisi kanan kian tak terbendung MU, dan akhirnya melalui kombinasi serangan yang yang cantik, Villa melepas tendangan cantik dari luar kotak penalty yang kembali menjebol gawang van der sar dimenit ke 69, 3-1.

Setelah itu, Barcelona terlihat semakin santai dalam bermain, merekan terlihat sangat nyaman dalam menguasai bola, statistik menunjukkan hingga menit ke 71 penguasaan bola Barcelona 68%. MU sepertinya sudah “deadlock” dan kekalahan terbayang jelas. Para pemain MU seperti kebingungan dan tidak tahu mesti berbuat apa untuk membalikkan keadaan. Tidak adanya Playmaker di dalam sistem permainan MU membuat semuanya semakin terlihat sulit dan buntu. Masuknya Nani dan Scholes tetap tidak merubah keadaan. Dan, akhirnya skor 3-1 bertahan hingga laga usai, dan Barcelona merayakan gelar ke 4 nya dengan penuh suka cita.

Statistik Barcelona vs Manchester United (http://www.viva-bola.co.cc/2011/05/statistik-pertandingan-barcelona-vs.html)

Tembakan ke gawang (tepat sasaran) Barcelona : 22 (12) kali
Tembakan ke gawang (tepat sasaran) Manchester United : 4 (1) kali

Pelanggaran Barcelona : 5 kali
Pelanggaran Manchester United : 16 kali

Tendangan Penjuru Barcelona : 6 kali
Tendangan Penjuru Manchester United : 0

Offside Barcelona : 1 kali
Offside Manchester United : 5 kali

Penguasaan Bola Barcelona : 68%
Penguasaan Bola Manchester United : 32%

Kartu Kuning Barcelona : 2 kartu kuning
Kartu Kuning Manchester United : 2 kartu kuning

Penyelamatan Barcelona : 0 kali
Penyelamatan Manchester United : 9 kali

Gol Barcelona : Pedro (27′), Lionel Messi (54′), David Villa (69′)
Gol Manchester United : Wayne Rooney (34′)

Usai laga Final ini, beberapa rekor menarik pun tercipta, selain suksesnya Barcelona menyamai gelar Bayern Muenchen dan Ajax Amsterdam, ada beberapa rekor lainnya :

  1. Barcelona mengukuhkan diri sebagai tim terbaik di Liga Champions sejak awal millenium baru ( 2000-an ) karena mampu memenangi 3 gelar juara.
  2. Ini adalah gelar Pep Guardiola yang ke 10 selama melatih Barcelona hanya dalam tempo waktu 3 tahun!
  3. Pep menyamai pencapaian Carlo Ancelotti dan Miguel Munoz yang mampu menjuarai Liga Champions sebagai pemain dan pelatih serta memenanginya 2 kali selama menjadi pelatih.
  4. Messi menyamai rekor Ruud Van Nistelrooy yang mampu menjadi top skorer dengan 12 gol
  5. Messi mengukuhkan diri sabagai Top skorer Liga Champions selama 3 musim berturut-turut! Musim 2008-2009 menjadi top skorer dengan 9 gol, musim 2009-2010 menjadi top skorer dengan 8 gol.
  6. Gol Messi di final kali ini menjadi golnya yang pertama di tanah Inggris.
  7. MU menyamai “nasib” Juventus yang kalah 2 kali berturut-turut di final Liga Champions.
  8. Spanyol menjadi pemenang terbanyak Liga Champions dengan 13 gelar, melewati Italia.
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: