Home > Articel about Football > Prediksi tim yang akan lolos dari Group Stage Liga Champions 2011-2012

Prediksi tim yang akan lolos dari Group Stage Liga Champions 2011-2012


2011/12 UEFA Champions League group stage

Group A
FC Bayern München (GER)
Villarreal CF (ESP)
Manchester City FC (ENG)
SSC Napoli (ITA)

Group A merupakan grup yang paling ketat dan paling “neraka”. dari segi peta kekuatan, ke 4 tim memiliki kekuatan yang nyaris setara. sulit memprediksi siapa yang akan lolos dari grup ini. Bayern tetap lah merupakan salah satu kekuatan besar di eropa. komposisi skuad yang di miliki seperti Robben cs sangat mumpuni. kualitas permainan mereka pun cukup bagus. Villareal juga menyimpan kekuatan tersembunyi yang berbahaya, keberhasilan Nilmar cs finish di posisi 4 di La Liga musim lalu jadi bukti sahih. Napoli dan City juga tampil begitu impresive dan mengejutkan sehingga mampu menjungkalkan kekuatan tradisional di masing2 liga, Napoli mengangkangi tim elite seperti Juventus, Roma, dan Lazio. City menendang Liverpool dan Tottenham dari 4 besar dan menggeser arsenal sebagai faovorit kuat juara BPL musim ini.

tapi, melihat skuad yang dimiliki, serta persiapan masing-masing tim di awal musim, Bayern Muenchen dan Manchester City sedikit lebih unggul. Bayern sukses mempertahankan kesolidan tim mereka, City begitu gencar memborong pemain bintang seperti Aguero,Nasri. skuad mereka sekarang di penuhi pemain bintang.  bagi Napoli, kendati berhasil mempertahankan kekuatan tim seperti musim lalu dengan masih bercokolnya pemain bintang macam cavani, hamsik, lavezzi,dll dan menambah kekuatan dengan masuknya Gokhan Inler, nampaknya itu belum cukup untuk melangkahi Bayern ataupun City. begitu juga Villareal, yang relatif pasif di bursa transfer, dan malah cenderung berkonsentrasi berjuang mempertahankan Nilmar dari godaan AS Roma.

dengan perjuangan berat serta duel sengit dan ketat, nampaknya Bayern Muenchen dan City akan melenggang ke 16 besar.

prediksi:

juara grup : Bayern Muenchen

Runner up: Manchester City

Group B
FC Internazionale Milano (ITA)
PFC CSKA Moskva (RUS)
LOSC Lille Métropole (FRA)
Trabzonspor AŞ (TUR)

Inter Milan, juara tahun 2010 relatif tidak akan terlalu kesulitan untuk lolos dari grup ini. pengganjal utama justru akan datang dari dalam tim sendiri karena melihat pelatih baru, Gasperini, belum teruji dan masih kurang meyakinkan berlaga di Liga Champions. juga karena taktiknya yang terlalu radikal dengan 3-4-3 nya, sedikit meragukan banyak pihak, karena akan menyisakan lubang cukup besar di lini belakang. dan juga kepindahan Eto’o sedikit mengurangi kekuatan tim, tapi itu akan teratasi apabila Inter membeli striker baru seperti Tevez yang selama ini di incar. di luar semua itu, Inter tak akan terlalu kesulitan melenggang dari grup ini.

posisi runnerp up bakal diperebutkan dengan ketat oleh 3 tim. Trabzonspor, yang lolos ke LC karena “hibah” dari Fenerbahce nampaknya ada di posisi terlemah. jawara France Lille dan runner up rusia CSKA moskva akan berdarah-darah untuk lolos.kekuatan kedua kubu relatif berimbang. Permainan khas eropa timur yang penuh determinasi ala CSKA bisa merepotkan Lille. Namun, Lille yang memiliki skuad cukup solid dengan keberadaan pemain hebat macam Hazzard dan Obraniak sedikit lebih unggul.

prediksi

juara grup : Inter Milan

runner up : OSC Lille

Group C
Manchester United FC (ENG)
SL Benfica (POR)
FC Basel 1893 (SUI)
FC Oţelul Galaţi (ROU)

Runner up musim lalu, MU. Tergabung dengan klub yang “bersahabat”. Seperti halnya Inter, MU di prediksi tidak akan mengalami kesulitan berarti untuk lolos dari grup ini. Dengan komposisi skuad yang tetap kokoh, apalagi dengan masuknya pemain baru yang bagus seperti ashley young dan david de gea, serta semakin matangnya pemain muda seperti tom cleverley dan smalling, di jamin kekuatan MU sama sekali tidak akan berkurang dibandingkan musim lalu.

3 tim akan bersaing ketat untuk menjadi pendamping MU. Dan sepertinya Benfica ada di posisi terdepan. Permainan khas latin ala Benfica akan menyulitkan 2 pesaingnya. Keberadaan para pemain yang memiliki skill mumpuni macam pablo aimar, javier saviola, dll bisa menjadi penentu. Kehilangan Fabio Contreau yang hijrah ke Real Madrid tidak akan terlalu mempengaruhi kekuatan Benfica.

Prediksi

Juara grup : MU

Runner up : Benfica

Group D
Real Madrid CF (ESP)
Olympique Lyonnais (FRA)
AFC Ajax (NED)
GNK Dinamo Zagreb (CRO)

Real Madrid hadir di kompetisi ini dengan ambisi besar untuk menggenggam juara. Persiapan serius yang di lakukan dengan membeli para pemain handal seperti nuri sahin, contreau,dll seakan menambah kuat komposisi tim asuhan Jose Mourinho ini. Skuad Madrid sekarang sudah sangat lengkap dan lebih dari cukup sebagai modal untuk menggenggam takhta juara lagi. Lyon dan Ajax yang biasanya menyulitkan Real Madrid di masa lampau nampaknya tidak akan terlalu bisa menandingi kekuatan Madrid.

Ajax hadir di Liga Champions dengan kepala tegak usai kembali menjadi jawara Eredisive sejak terakhir kali juara tahun 2004.Frank de Boer sukses memformulasikan  Komposisi para pemain muda menjadi kekuatan yang cukup tangguh., walaupun di tinggalkan Suarez terbukti masih cukup tangguh dan menjadi kekuatan utama Ajax.

Lyon sedang menata kekuatannya lagi usai dalam 3 musim terakhir gelar Ligue 1 jatuh ke tangan Bordeaux, Marseille, dan Lille. Keperkasaan mereka di nilai menurun usai mendominasi 7 musim berturut-turut Ligue 1. Situasi ini membuat Lyon bisa saja terjungkal oleh Ajax dari persaingan merebut tempat runner up group, namun sepertinya Lyon masih bisa sanggup mengatasi perlawanan Dynamo Zegreb.

Namun kendati bukan berstatus jawara Ligue 1, Lyon tetap tim yang cukup tangguh dan akan menyulitkan Ajax dan Dynamo Zegreb. Keberadaan para pemain bagus seperti Kallstrom, Gourcuff, Briand, akan menyulitkan Ajax yang skuadnya kebanyakan di isi para pemain muda yang kurang berpengalaman. Dan, selain itu modal determinasi tinggi khas eropa timur milik Dynamo Zegreb di prediksi tidak akan terlalu signifika nuntuk mendobrak Lyon dan Ajax.

Prediksi

Juara grup : Real Madrid

Runner up : Olympique Lyonnais

Group E
Chelsea FC (ENG)
Valencia CF (ESP)
Bayer 04 Leverkusen (GER)
KRC Genk (BEL)

Ini juga termasuk grup yang sulit. Kendati berada di pot 1, kekuatan Chelsea tidak mutlak lebih baik dari Valencia dan Leverkusen.masih belum kokohnya fondasi skema ala Villa Boaz bisa sedikit menjadi ganjalan. Para pemain Chelsea masih butuh waktu untuk beradaptasi dengan skema pelatih baru. Belum lagi, problem lini depan masih menghantui Chelsea. Torres yang di plot sebagai striker utama belum mampu menampilkan permainan terbaik. Dan juga, kekuatan lini tengah di nilai perlu di benahi karena chelsea butuh gelandang serang baru. Luca Modric yang selama ini di incar bisa menjadi solusi apabila jadi bergabung. Masuknya Juan Mata sedikit mampu menambah kekuatan tim. tapi di luar itu semua kekuatan Chelsea masih sedikit di atas para pesaingnya. Walaupun tak akan mudah, Chelsea kemungkinan tetap akan melenggang sebagai juara grup.

Valencia dan Leverkusen akan bersaing ketat untuk menjadi runner up. Kekuatan keduanya berimbang. Keduanya juga sama2 di tinggal pemain pentingnya, Valencia kehilangan Juan mata dan Leverkusen kehilangan Vidal yang pindah ke Juventus. Sulit memprediksi siapa yang akan menjadi runner up, tapi melihat kekompakkan tim sejauh ini, dan komposisi skuad yang ada, nampaknya Leverkusen sedikit berada di atas angin.

Prediksi

Juara grup : Chelsea

Runner up : Bayer Leverkusen

 Group F
Arsenal FC (ENG)
Olympique de Marseille (FRA)
Olympiacos FC (GRE)
Borussia Dortmund (GER)

Grup ini tak kalah ketatnya dengan grup A. Ke 4 tim memiliki kekuatan nyaris berimbang. Tapi selain itu 3 dari 4 tim kehilangan beberapa pemain pentingnya. Kekuatan Arsenal terlihat cukup menurun di bandingkan musim-musim sebelumnya karena mereka kehilangan 2 pemain penting Fabregas dan Nasri. Itu membuat kekuatan Arsenal terlihat sangat pas-pasan di banding musim lalu. Terus mengandalkan skema serangan sayap lewat wallcott dan Gervinho bisa menjadi solusi untuk menutup celah tetapi itu akan membuat pola permainan mudah terbaca. Dan juga, para pelapis tidak sebagus pemain inti. Ketergantungan terhadap Van Persie di lini depan juga patut menjadi perhatian. Ingat, dengan komposisi skuad yang lebih bagus musim lalu, arsenal harus dipaksa shaktar donetsk menjadi runner up grup.

Begitu juga dengan Jawara Jerman Dortmund yang kehilangan playmaker sekaligus nyawa permainan tim, Nuri Sahin. Nampaknya kehilangan Sahin akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan Dortmund. Penurunan permainan kemungkinan akan terjadi, karena Gotze akan kehilangan partner ideal pada diri Nuri Sahin. Skuad Marseille tidak jauh berbeda dengan musim lalu. Hanya, kehilangan 2 figur penting lini belakang yakni taiwo dan Heinze yang pindah ke milan dan roma kemungkinan akan meninggalkan sedikit lubang di lini belakang.

Memprediksi siapa yang akan lolos dari grup ini akan sangat sulit. 3 tim yakni Arsenal-Dortmund-Marseille punya peluang yang nyaris sama. 2 di antara 3 tim inilah yang kemungkinan akan lolos. Tapi tetap saja, menentukan siapa yang akan menjadi Juara dan runner up grup adalah hal yang sangat sulit.

Prediksi

Juara Grup : N/A ( not available )

Runner up : N/A ( not available )

Group G
FC Porto (POR)
FC Shakhtar Donetsk (UKR)
FC Zenit St Petersburg (RUS)
APOEL FC (CYP)

Di grup ini tidak ada unggulan berarti. Tim yang berada di pot 1 pun “hanya” FC porto. Ya, memang di grup ini para under dog dengan kekuatan yang nyaris setara. FC porto, peraih treble musim lalu termasuk  Europe League mengalami keadaan yang kurang menguntungkan. FC porto di tinggal pelatihnya Villa Boas, dan striker andalannya yang merupakan mesin gol, Falcao yang di beli atletico Madrid. Jelas ini sangat mempengaruhi kekuatan Porto.

Shakhtar Donetsk, boleh dibilang merupakan tim Eropa timur yang paling di segani. Mereka tampil begitu impresive di LC musim lalu, mampu menjadi juara grup melangkahi Arsenal, dan melaju sampai perempat final sebelum akhirnya di tumbangkan tim terbaik dunia Barcelona. Di bawah pelatih hebat mircea lucescu, dan dengan komposisi pemain bintang sperti fernandinho, srna, douglas da silva, luiz adriano, membuat kekuatan shakhtar sedikit lebih unggul. Belum lagi kualitas permainan mereka sangat mumpuni. Zenit dan APOEL pun tidak bisa di pandang remeh. Zenit, si jawara Rusia memiliki skuad yang sama tangguhnya dengan porto dan shakhtar. Dengan para pemain hebat seperti kerzhakov,dll dan pemain anyar yang cukup berkualitas seperti Criscito dan Rosina.

Sangat sulit memprediksi siapa yang bakal lolos, 3 tim Porto-Shakhtar-Zenit memiliki kualitas nyaris setara dan peluang yang sama untuk lolos. Namun melihat sepak terjang musim lalu dan kondisi terkini dari masing2 kekuatan tim, Shakhtar bisa dibilang sedikit lebih unggul dari Porto dan Zenit. Dengan duel yang sengit dan ketat rasanya Shakhtar akan melenggang ke 16 besar. Namun memilih antara Porto atau Zenit yang akan lolos, adalah pilihan yang sangat sulit.

Prediksi

Juara grup : Shakhtar Donetsk

Runner up : N/A ( not available )

Group H
FC Barcelona (ESP)
AC Milan (ITA)
FC BATE Borisov (BLR)
FC Viktoria Plzeň (CZE)

Di grup H, final “kepagian” terjadi antara Barcelona dan AC Milan. Boleh di bilang, duel classis ini adalah duel yang paling menyita perhatian dunia di antara semua duel di penyisihan grup. Bagaimana tidak, si juara bertahan Barcelona yang juga disebut-sebut sebagai tim terbaik di dunia akan langsung bersua dengan Jawara Italia yang sedang merangsek bangkit, AC Milan.

Barcelona semakin kuat dan solid saja, karena kekuatan mereka nyaris tidak berubah dari musim lalu, malah semakin sempurna dengan masuknya Alexis Sanchez dan Fabregas serta mengorbitnya Thiago Alcantara. Kedua pemain baru ini di prediksi akan tetap menjaga kualitas tinggi permainan Barcelona untuk menjadi back up dan penerus para seniornya. Tiki taka Barcelona diprediksi akan semakin sempurna dan tetap berbahaya, walaupun tetap ada celah untuk membaca dan mematikan gaya bermain itu.

Bagi AC Milan, ini adalah saat yang tepat untuk membuktikan diri. Ditangan pelatih debutan Allegri, Milan di musim ini terlihat semakin kokoh dan kompak. Fondasi permainan yang dibangun Allegri dari puing-puing yang runtuh berserakan, sudah berdiri kokoh dan kembali perkasa. Menghabiskan 6 bulan pertama masa kepelatihannya untuk membangun dan mencoba-coba taktik dan formasi apa yang cocok, toh Allegri ternyata tetap mampu membawa Milan kembali meraih Scudetto. Di musim ini, di prediksi kekuatan Milan akan lebih kuat dari musim lalu. Dengan komposisi tim yang sudah kokoh dan para pemain yang sudah menyatu dalam skema bermain yang baku, plus beberapa pemain baru yang di datangkan seperti taiwo, mexes, El shaarawy, dan Aquillani, bisa dibilang semakin memperkuat skuad milan, dan menambal kelemahan di musim sebelumnya.

Duel Barca-Milan akan menjadi duel yang sangat ketat. Walaupun di atas kertas Barcelona sedikit lebih unggul, tapi bukan tidak mungkin Milan tetap menyimpan bahaya bagi Barcelona. Apalagi Milan memiliki gelandang2 hard worker yang punya strength yang tinggi macam gattuso, ambrosini, van bommel, dan Prince Boateng. Karakter gelandang seperti itu di prediksi bakal menyulitkan Xavi, Iniesta untuk menguasai bola secara leluasa di lini tengah.

Tapi bagaimanapun juga, butuh penampilan yang luar biasa bagi Milan untuk dapat menjadi juara grup melangkahi Barcelona. Dengan kualitas permainan seperti itu, dan pemain “ajaib” macam Messi, Ibrahimovic cs butuh kerja ekstra keras untuk menjungkalkan raksasa catalan tersebut.

Prediksi

Juara grup : Barcelona

Runner up : AC Milan

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: