Home > All About Movies > REVIEW: Film-film bertema Kejiwaan

REVIEW: Film-film bertema Kejiwaan


Hai Movie Holic! Haha… sudah lama nih aku ga nge post. Kali ini, mumpung waktunya tepat, karena kebetulan aku kan lagi kuliah tentang blok Psikiatri, ( hahaa… mulai ketawan dah jati diri blogger blog ini…😀 ) aku bakal mengulas film-film bertema kejiwaan yang udah aku tonton! Wow! Seruu yaahh! Sebenernya, tulisan ni udah ku tulis sejak 2 minggu yang lalu, tapi entah  nge post sekarang.. hmm…

Tema ini termasuk tema yang cukup favorit untuk diangkat menjadi sebuah film, karena menjanjikan cerita yang menarik, rumit, and tentunya bikin penasaran. Bahkan sebagian besar film ini merupakan film BOX OFFICE dan sangat populer! Ratingnya pun tinggi! And, yang paling sering diangkat tuh tentang psikopat gitu, aku pun udah nyantumin beberapa film-film yang temanya psikopat. Sebenarnya banyak banget nih tentang psikopat tuh, tapi aku pilihin yang cukup bagus, karena film2 psikopat yang lainnya punya tipe yang hampir sama. Hmm… penasaran filmnya apa aja? Check this!

  • Shutter Ilands (2009)

Film yang luar biasa, sarat teka teki! Di bintangi aktor lawas Leonardo Di Caprio, film ini mencengankan, bikin penasaran, alur nya meloncat-loncat, dijamin bikin puyeng bagi yang ga kuat, hahaa, :p, menceritakan tentang seorang Agen yang dikirim ke suatu pulau terpencil bersama dengan rekannya, untuk menyelidiki hilangnya seseorang. Si agen mulai merasa keanehan di pulau tersebut, ia merasa seperti ada suatu fakta yang disembunyikan dan terkesan ada yang menghambat tugasnya tersebut. Bahaya pun mulai mengintai! Nampaknya ada pihak-pihak tertentu yang berusaha menghalangi usahanya! Tapi, apakah bnenar demikian??!!

Ingatan tentang masa lalu si agen pun selalu menghantui dirinya. Sebenarnya ada apa di balik masa lalunya? Apakah benar demikian? Ada misteri besar apakah dibalik pulau misterius itu dan kehidupan si agen ini? Hahaa….

  • Premonition (2009)

Sandra Bullock kembali hadir dengan film drama yang luar biasa!! Apa jadinya, apabila setiap bangun dari tidur, keadaan nya bisa sangat berbeda? Saat tidur kita di kasur, tapi ketika bangun kita ada di Sofa?? Atau, saat tidur kita memakai baju piyama, ketika bangun kita berpakaian lengkap seperti habis berpergian?? Kenapa bisa gitu?? Atau, bahkan, ketika sebelum tidur suami masih hidup, ketika bangun mendapati kenyataan ternyata si suami sudah meninggal 2 har yang lalu??!!! Waww… hahahaa….

 

seperti nya tidak logis, tapi film ini membuat semuanya logis!!! Semua tampak kacau apa lagi anak perempuannya mengalami cedera akibat kecelakaan di rumah, dan semua orang menyalahkan si ibu ini. Apakah Kolom yang ia buat tentang apa-apa saja yang ia lakukan di hari itu bisa membantunya? Dan apakah ia mampu mencegah kematian suaminya? Film yang juga punya unsur kuat tentang Ilmu Kejiwaan ini sangat luar biasa! Jangan sampai terlewatkan!!

 

  • Hide and seek (2004)

 

Petak umpet??? Wooww… ga sesederhana itu! apa jadinya apabila seorang anak memiliki teman khayalan? Tapi, apakah memang benar2 teman khayalan?? Mengapa teman khayalan si anak itu mulai tampak berbahaya?! Bagaimana saing ayah mengatasi semua ini? Dibalik itu semua, ada sebuah fakta konkret yang sangat besar! Apa kaitannya dengan masa lalu? Hmm…

  • The Butterfly Effect 2. (2006)

Di bintangi aktor flamboyan Ashton Kutcher,Sejauh mana, kelainan gyrus2 diotak, atau apalah namanya, mempengaruhi kehidupan seseorang?? Sejak kecil ia kesulitan mengingat tentang apa yang telah ia lakukan beberapa saat yang lalu. Bahkan tentang suatu kejadian penting yang mengubah hidupnya akibat permainan yang “salah” dengan teman-temannya,Hmm….. tapi menginjak masa remaja semua pulih dan ia kembali normal. Tapi itu semua kembali menjadi suatu masalah besar setelah ia membaca buku harian masa kecilnya!  luar biasa, tak akan pernah terbayangkan!! Fakta sebenarnya yang mana?? Hahaaa

  • Triangle ( 2010 )

Dibitnangi aktris “horror” Melissa George. Jess, seorang ibu yang memiliki anak penyandang autism. Nampaknya hal itu membebaninya. Suatu saat diundang teman-temannya untuk berlayar dengan sebuah Yacht pribadi. Tapi, tiba2 ada angin topan! Membuat mereka nyaris mati ditengah laut! Untungnya ada sebuah kapal pesiar besar yang melintyas dan mereka pun ke kapal itu. tapi, keanehan mulai terlihat karena sepertinya kapal itu tidak berpenghuni! Satu persatu temannya mulai mulai tewas! Siapa yang melakukan itu?! saat semua temannya sudah tewas, lalu tiba2 ada orang lagi yang masuk ke kapal itu, dan ternyata orang2 itu adalah ia dan teman2nya! Mereka semua terbunuh lagi! Lah, kok bisa kayak gitu?! Bahkan, kejadian yang sama itu terjadi puluhan kali!!

 

  • The Number 23 (2007)

 

Di bintangi aktor hebat Jim Carrey. Hmm.. ia begitu tertarik dengan sebuah novel yang tanpa pengarang yang jelas, yang banyak mengungkap tentang nomer 23 yang memiliki makna yang luar biasa. Number 23 memiliki suatu makna yang besar, itu mencerminkan suatu hal yang penting,kompleks dan bermakna. tapi apakah benar? Memang tertulis seperti itu di buku yang ia baca dengan pengarang yang tidak jelas asalnya. Ia beserta istri dan anaknya begitu terobsesi untuk mengungkap misteri dibalik buku ini, mengusut dengan tuntas suatu hal tentang teka-teki rumit yang diduga kuat berkaitan dengan suatu tindaka kejahatan pembunuhan! Waw, mengapa semua seperti sulit diungkap? Apakah benar seperti itu kenyataannya Hmm….. ada apa ya sebenarnya dibalik nomer ini??  Apa kaitan dengan masa lalu si dia?

 

  • First Born (2007)

Di bintangi aktris papan atas Elisabeth Shue. Seorang ibu pada umumnya bahagia ketika dianugrahi anak pertamanya. Tapi mengapa si ibu ini nampak gelisah dan tertekan? Ia pun mulai dihantui bayangan-bayangan aneh yang ada dirumahnya.ia hanya tinggal sendiri dirumahnya yang besar dan letaknya terpencil. Seorang baby sitter tua pun membantunya mengurus si bayi di rumah. Bagaimana si Ibu dalam mengurus si anak ini? Apa kaitannya dengan boneka bayi yang dimiliki si Ibu yang selalu berpindah tempat walaupun sudah disimpan dan mengapa tiba-tiba berada di box bayi nya? Hmm….. cukup mencengangkan!

  •  Waking Madison ( 2010 )

Dibintangi Elisabeth Shue juga. Madison, seorang wanita muda, mengunci diri di apartemennya selama 30 hari, karena ia merasa frustasi seperti tidak pernah bisa mengingat hal apa yang telah ia lakukan, waktu, tempat, dsb. Ia merasa kebingungan akan dirinya sendiri. Apabila ia tidak menemukan solusi semala 30 hari itu, ia akan bunuh diri! Hmm…. bagaimana ini? Flash back ke masa lalu, sempat di rawat dan di RSJ bersama pasien lainnya, yang memiliki problem yang berbeda-beda dan sifat yang berbeda-beda dari dirinya! Ia pun ditangani secara intensif oleh seorang psikiater ( elisabeth shue ) wanita setengah baya yang nampaknya sangat ekspert menangani madison dan yang lainnya…. hmm…. akankaha madison sembuh? Bagaimana dengan teman-temannya di RSJ? Apakah mereka nyata? Haha…. bagaimana hubungan Madison dengan orang tuanya?? Hmm….. saat sang Psikiater diberitahu bahwa Madison akan bunuh diri dan psikiater ini memutuskan untuk menemui orang tua Madison, apa yang terjadi? Ckckckk… miris….

  • Black Swan ( 2010 )

Seorang Penari Balet sangat terobsesi dengan kariernya. Ia sangat berharap menjadi “angsa putih” sekaligus black swan disuatu pagelaran besar. Rutin berlatih, dan selalu diliputi kecemasan kalau-kalau dirinya tidak sempurna. Ditambah tekanan dari pelatihnya, serta ketakutan yang berlebihan akan terenggutnya posisinya, serta tekanan dari sang ibu, juga “suatu penyimpangannya”, membuat dia depresi dan sangat paranoid! Kejadian-kejadian aneh apa saja yang terjadi? Berhasilkan ia menjadi bintang di pentas besar itu??!!

  • Good Son (1994 )

 

Anak yang baik, sopan, penurut, pintar. Idaman semua orang tua. Saat ada seorang sepupunya ikut tinggal bersama dia….. hmm…. kok sepupunya ini nampaknya nakal ya, berbeda dengan anak yang ini. Tapi apakah benar seperti itu? ada apa dibalik kematian adiknya yang masih bayi dulu?

 

  • It’s Kind of funny Story (2010)

Kalo anak remaja pada umumnya kan bahagia, senang, masa2 yang paling indah lah… truz knpa sama ni cowo??? Tiba2 datang ke RS dngn keluhan pengen bunuh diri!!! Ahahahaaa…. jelaslah, dia langsung di rujuk ke psikiater and di karantina di Rumah sakit itu. sekamar sama orang aneh, gila.. ahahaaa…. wah… tpi kok diantara orang2 sakit jiwa itu ada cewe cantik yaa?? Hmm… truz gmn nih, bisa sembuh ga ya si cowo ini?? Hhahaaa….

  • Charlie Bartlett ( 2008 )

 

Charlie, adalah seorang remaja yang “ekslusif”. Dari keluarga yang kaya, sekolah di sekolah “elite”.  Tapi cobaan menerpa saat sang Ayah meninggal. Charlie dan Ibunya sangat depresi dan dalam pengawasan psikiater. Hmm… saat charlie pindah ke sekolah umum, apa yang terjadi? Banyak sekali teman2nya yang meminta terapi pada si Charlie karena permasalahan pribadi. Lho, kok bisa gitu? Apakah ini semacam bisnis psikiatris ilegal? Apa dampaknya?? Hahaa…. konyol…

  • Unknown ( 2011 )

 

Di bintangi aktor papan atas Liam Neeson. Dr. Martin Harris seorang ahli botani datang ke Berlin bersama istrinya untuk menghadiri sebuah konferensi Bioteknologi yang dihadiri seorang pemimpin besar Timur tengah. Tapi, musibah terjadi di Berlin, saat tas nya yang berisi paspor dan berkas lainnya tertinggal di airport. Bermaksud mengambil tas nya lagi, ia malaha mengalami kecelakaan saat naik taksi! Beruntung supir taksinya yang seorang wanita muda menolongnya keluar dari sungai! Ia pun Koma. Saat sadar, ia mencari instrinya. Tapi, saat bertemu istrinya, kok istrinya bersama dengan seorang pria lain yang juga bernama Martin Harris? Kok bisa gitu ya? Padahal jelas2 ia ingat kalo dirinya tuh Martin harris! Hmm.,… truz, seperti ada sekelompok orang yang ingin menyingkirkannya! Apa sebenarnya yang terjadi? Rencana besar apa yang tersembunyi?

 

  • Pop Star ( 2005 )

JD Mcqueen adalah seorang super star! Pop star! Di gilai para remaja dan wanita! Popularitasnya benar-benar hebat. Terbiasa dengan private school, sang ibu memutuskan agar JD berseokalah di Public School biasa, sebagai syarat agar dia boleh menjalani konser tour musim panas. Hmm…. di sekolah ini, ia bertemu dengan seorang gadis culun yang menggilainya gila-gilaan. Yah,, mirip cerita cinderella lah…. JD begitu dengan cewe ini. Apakah ia benar2 menyukainya? Atau apakah hanya agar dia dapet contekan saat ujian? Hahaa…. lalu, mengapa JD selalu sakit, muntah, and nyaris pingsan ketika ujian berlangsung? Bagaimana cara agar ia dapat menjalani ujian dengan tenang? Haha…

oh ya…. lupa belum di masukin, selain itu ada 2 film lainnya yang juga bagus, FIGHT CLUB, and BEAUTIFUL MIND…..

FILM TENTANG PSIKOPAT        :

  • Scream 4 ( 2011 )

 

Pembunuh berantai yang menggemparkan yang nyaris menewaskan sidney prescott kembali! Ia meniru persis pembunuhan yang terjadi di masa lalu itu, seperti di film sekuel “stab” yang terinspirasi dari pembunuhan di masa lalu tersebut! Kali ini, si pembunuh mengincar keponakkan sidney, Jill, dan teman-temannya di sekolah! Bagaimana ini? Akankah si pembunuh tertangkap? Siapa dia sebenarnya? apakah si pembunuh berhasil menjaga “keorisinilan” alur pembunuhan di masa lalu? haha

 

  • The Silence of the Lamb ( 1991 )

 

Di bintangi Jodi Foster, film ini salah satu film tersukses, dan menjadi legenda. Seorang wanita, calon detektive muda yang berbakat. Di tuntut menangani suatu pembunuhan berantai yang misterius! Ia pun mulai berkonsultasi dengan “pakarnya”, dokter Hanibal Lecter, Psikiater sekaligus psikopat yang sangat sadis! Dia di penjara di penjara khusus yang sangat ketat! Sanggupkan detektiv muda ini menangani pembunuhan berantai ini, yang pelakunya ternyata adalah mantan pasien dokter Hanibal ?! hmm….

  • Friday 13 ( 2010 )

Jason, si anak dengan “kelainan”, ketika dewasa tumbuh menjadi pembunuh sadis yang mengerikan! Adakah yang sanggup menghentikannya? Bagaimanakah nasib para anak muda yang sedang berlibur dan berkemah di hutan? Akankah mereka jadi korban Jason selanjutnya?

 

  • The Lodger (2009)

Woww…. film detective!! Hahaa…. Di bintangi aktor senior Alfred mollina, film ini bner2 bkin terpaku dari awal sampai akhir, bercerita tentang seorang detective yang dipusingkan dengan rentetan pembunuhan, yang memiliki motif yang membingungkan, si detective nampaknya bener2 “dikerjai” oleh si pelaku, apa lagi disinyalir ia melakukan salah tangkap di masa lalu yang mengakibatkan seseorang yang ga bersalah di hukum mati.

Di tempat lain, seorang ibu rumah tangga yang baru “sembuh” mendapati seorang pengontrak baru yang menyewa rumah kecilnya di dekat rumahnya. Tapi, mengapa pria ini begitu tertutup?

terinspirasi dari Pembunuh yang Melegenda di Ranah Inggris, “Jack The Ripper”, film ini mengangkat kasus2 pembunuhan yang mirip dengan yang dilakukan Jack the ripper di massa lalu. Si detective harus merusaha sekuat tenaga untuk mengungkap ini dan menyelamatkan reputasinya yang hancur! seru, tegang,shock,dll. semua unsur film “serius” ada di film ini…  hohoo

 

  • Horsemen (2009)

Ga kalah seru nih!! Lagi2 tokoh utamanya seorang detective, yang juga Dokter Ahli Forensik. Dibintang aktor senior Dennis Quaid, film ini juga menceritakan rentetan Pembunuhan, tapi yang lebih mencengankan tiap pembunuhan seperti direncanakan dengan sangat teliti, detilnya mengagumkan, memiliki ciri khas yang berbeda-beda, dan tentunya sarat akan teka teki, dan pastinya,, sadis… hmm….

Kejeniusan si detective terus di uji, si detective ini menduga pembunuhan ini terkait dengan cerita yang ada di alkitab, tentang para penunggang kuda, yang ternyata mengindikasikan adanya suatu perkumpulan, ataupun kelompok yang memiliki ideologi dan karakter tertentu yang cukup ekstrim. Apa kaitannya dengan kehidupan pribadinya dan hubungannya dengan anak remajanya? Mengapa anak remajanya ini seperti memiliki kepribadian yang agak aneh? Dan kemampuannya IQ nya juga cukup bagus, hmm. mengandung teka teki yang super rumit, dengan akhir yang sangat mencengangkan,, ckckk,,,, ( aq lupa detilnya, uda lama sih nontonnya….;( )

  • The Stepfather (2009)

 

Ayah angkat yang baik, ramah, penyayang, cinta keluarga, walaupun anak2nya bukan anak kandung. Tapi…… apakah benar,,, dia sesempurna itu?? haha… mengapa ada beberapa kasus tentang pembantaian sebuah keluarga? Miris…

 

  • My Bloody Valentine (2009)

 

Suatu Kota kecil geger karena disinyalir pembunuh sadis dimasa lalu kembali! Sheriff Kota ini dipusingkan dengan suatu pembunuhan sadis dengan setiap korban hilang jantungnya dan seperti merupakan hal berkaitan tentang kado Valentine day! Ada apa sebenarnya dibalik semua ini? Mengapa juga salah seorang anak pemilik tambang di kota itu kembali setelah sekian lama dan ingin kembali jadian lagi dengan mantan pacarnya yang sekarang menjadi istri si Sheriff?!

 

  • The Roomates (2011)

 

Ketika masuk suatu asrama, memiliki teman sekamar yang sangat baik. Woww… begitu, sangat baik dan perhatian pada kita. Hmm… kok bisa ya sebaik itu? apakah latar belakangnya??

film tentang psikopat banyak banget, aku pilihan yang mewakili sejenisnya… hoho

Categories: All About Movies
  1. October 4, 2011 at 6:17 am

    Thanks for this very usefull share, keep up the good site! I will come back for sure!

    • adil hijri muhammad
      November 5, 2011 at 10:45 am

      Thank’s a lot….😉

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: